caDOKGi

Catatan Calon Dokter Gigi Stressss..!

iseng-iseng

oke, long time no see ya?? :))

apa kabar untuk diri sendiri?? tambah gemuk! tambah cubby! dan tambah sibuk! sampai ngupdate blog pun rasanya jadi sebuah berkah. :))

hmm…

selama sebulan bulan terakhir ini, saya disibukan dengan kejar target pasien yang deadline nya akan segera mencapai akhir. Dimana banyak masalah-masalah mulai bermunculan. Dari kegagalan-kegagalan, penolakan, dan keterlambatan. Kesabaran dan ketekunan, serta pengorbanan, ceileeee… seraasa diuji

———

Kadang-kadang saya merasa ragu dengan diri saya sendiri. Ya, dengan semua kekurangan saya, saya takut nantinya setelah keluar dari institusi ini dan menghadapi dunia nyata, bukan pertanyaan “apa yang akan kamu lakukan?” yang menjadi pikiran saya, tapi “apa yang bisa kamu lakukan?”

Karena jujur saja, terkadang ketika berada di klinik,kita hanya mengejar nilai-nilai, acc, dan bagaimana caranya pekerjaan yang kita selesaikan itu selesai tepat waktu dan kita bisa segera lulus. bahkan ada yang menghalalkan segala cara agar targetnya selesai.

yaaa, saya tidak bermaksud menghakimi ato mengatakan tindakan mereka (ato mungkin saya) buruk. Tapi ketika saya berpikir, “apa yang telah saya dapatkan disini?” saya merasa bingung menjawabnya. Oke saya tahu mengerjakan pasiennya. tapi, kita tidak dididik untuk bisa. Karena bisa itu hanya bisa kita peroleh dengan mencoba terus menerus dan belajar, sementara di sisi lain kita ditekan untuk segera lulus dan mempercepat prosesnya.

otomatis pola pikir kita berubah dong yaa… orientasi kita cuma bagaimana kita bisa menyelesaikan target klinik, buka pandai dalam menangani situasi-situasi dilapangan. Bukan berarti juga kita harus berlama-lama juga, tapi bagaimana mengoptimalkan waktu yang singkat tersebut agar kita bisa mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya.

ribet ya?? saya aja yang nulis bingung.. :))

———-

hemmm..tapi hidup tetep harus dijalani dan dinikmati, gak lupa bersyukur dan berdoa. banyak sih yang harus saya bilang, tapi dicicil dulu ahh… :))

 

Leave a Reply

